Monday, September 5, 2016

KTI GERAK LURUS

PENERAPAN GLB DAN GLBB DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Oleh : Birgita Evania X5/7

Penerapan GLB dan GLBB dalam kehidupan sehari-hari dapat kita jumpai pada kegiatan menggeser atau memindahkan benda dirumah atau pada gerakan mobil yang melaju di jalan. Gerak benda yang bergerak lurus dikelompokkan dalam Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Benda dengan kecepatan tetap dan lintasannya lurus dikatakan melakukan gerak lurus beraturan. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan kecepatannya berubah secara teratur tiap detik.
Gerak suatu benda dapat diselidiki menggunakan pewaktu ketik (ticker timer). Alat ini dilengkapi dengan pemukul getar dengan frekuensi listrik PLN 50 Hz atau sebanyak 50 kali ketikan dalam satu detik. Hal ini berarti satu ketikan memerlukan waktu 0,02 detik. Alat ini juga dilengkapi dengan troli (kereta dinamik), papan luncur, dan pita rekaman atau pita kertas (menjadi media ketik)

Ticker Timer

Jenis gerakan benda dapat dilihat dari pita rekaman. Benda bergerak lurus beraturan (GLB) akan menghasilkan tanda ketikan yang jaraknya selalu sama dalam selang waktu tertentu.

Hasil Ketikan Ticker Timer untuk GLB

Benda yang dipercepat akan menghasilkan tanda ketikan yang jaraknya semakin besar dan perubahannya secara teratur, sebaliknya apabila dihasilkan tanda ketikan semakin kecil berarti benda melakukan gerak diperlambat.

Hasil Ketikan Ticker Timer pada GLBB Dipercepat


Hasil Ketikan Ticker Timer pada GLBB Diperlambat

Beberapa peristiwa gerak lurus berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari antara lain, gerak mobil yang dipercepat dengan cara menekan pedal gas, gerak mobil yang diperlambat dengan cara menekan pedal rem, gerak jatuh bebas buah mangga dari tangkainya. Benda-benda di alam semesta banyak melakukan gerak lurus beraturan, seperti gerak planet-planet mengelilingi matahari. 

Aplikasi GLB dalam kehidupan sehari-hari :

a. Kendaraan yang melintasi jalan tol
b. Gerakan kereta api ataupun kereta apilistrik (KRL) yang melintasi rel
c. Pesawat terbang setelah lepas landas bergerak dengan kelajuan tetap

Aplikasi GLBB diperlambat dalam kehidupan sehari-hari :
a. Mendaki gunung
b. Bola dilempar ke atas
c. Orang mengayuh sepeda di tanjakan
d. Pesawat yang baru mendarat/landing
e. Mobil yang mengerem mendadak

Aplikasi GLBB dipercepat dalam kehidupan sehari-hari :
a. Bersepeda di jalan menurun
b. Apel jatuh dari pohon
c. Air terjun
d. Meteor yang jatuh ke Bumi
e. Pesawat lepas landas/take off


Sumber :


No comments:

Post a Comment