Monday, September 5, 2016

KTI Gerak Lurus

Oleh : Ferdi Putra Rahardjo  X5/14


Gerak Lurus
Gerak suatu benda dalam lintasan lurus disebut gerak lurus. Buah kelapa yang jatuh dari pohonnya adalah contoh gerak lurus. Gerak bumi mengelilingi matahari merupakan gerak dengan kecepatan tetap dengan waktu tempuh satu tahun. Menurut bentuk lintasannya, gerak lurus dibagi menjadi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan.

GLB (Gerak Lurus Beraturan)

"Kau tarik aku, maka kita lebih dekat" - Dip Jr.

Dari pernyataan di atas yang saya buat untuk lelucon sebenarnya mempunyai arti dalam GLB. Karena cara kerja GLB adalah kecepatan yang tetap maka dari itu jaraknya hanya akan lebih dekat dengan objek yang dituju.

Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak suatu benda yang menempuh lintasan garis lurus dimana dalam setaip selang waktu yang sama benda menempuh jarak yang sama.
Pada gerak lurus beraturan kecepatan yang dimiliki benda tetap ( v = tetap ) sedangkan percepatannya sama dengan nol ( a = 0 )
            Kecepatan tetap artinya baik besar maupun arahnya tetap. Kecepatan tetap yaitu benda menempuh jarak yang sama untuk selang waktu yang sama. Misalnya sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap 75 km/jsm atau 1,25km/menit, berarti setiap menit mobil itu menempuh jarak 1,25 km. Karena kecepatan benda tetap, maka kata kecepatan pada gerak lurus beraturan dapat diganti dengan kata kelajuan. Dengan demikian, dapat juga kita definisikan, gerak lurus beraturan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kelajuan tetap.



V = s / t



  dimana :          v = kecepatan (m/s)
                          s = jarak tempuh (m)
                                                                                                 t = waktu tempuh (s)


GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda yang menempuh lintasan garis lurus dimana kecepatannya selalu mengalami perubahan yang sama tiap sekon.
Pada gerak lurus berubah beraturan percepatan yang dimiliki benda adalah tetap, sedangkan kecepatannya berubah beraturan.
Gerak lurus berubah beraturan ada dua macam yaitu :
1.      GLBB dipercepat 
2.      GLBB diperlambat
Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan dipercepat apabila kecepatannya makin lama bertambah besar, sedangkan sebuah benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan diperlambat apabila kecepatannya makin lama berkurang sehingga pada suatu saat benda itu menjadi diam (berhenti bergerak).

Rumus Gerak Lurus Brubah Beraturan




Vo :Kecepatan awal (m/s)
Vt :Kecepatan akhir (m/s)
a : Percepatan (m/s2)
t :Selang waktu (s)Perhatikan bahwa selama selang waktu t ,kecepatan benda berubah dari Vo menjadi Vt sehingga kecepatan rata-rata benda dapat dituliskan :


Kita tahu bahwa kecepatan rata-rata :


dan dapat disederhanakan menjadi :



S = Jarak yang tempuh

Bila dua persamaan GLBB di atas kita gabungkan, maka kita akan dapatkan persamaan GLBB yang ketiga.




a) Gerak Lurus Berubah Beraturan Dipercepat

GLBB dipercepat adalah GLBB yang kecepatannya makin lama makin cepat.Grafik hubungan antara V terhadap t pada GLBB dipercepat adalah :


Sedangkan Grafik hubungan antara S terhadap t pada GLBB dipercepat :
Rumus Persamaan GLBB dipercepat:





a) Gerak Lurus Berubah Beraturan Diperlambat

GLBB diperlambat adalah GLBB yang kecepatannya makin lama makin kecil (lambat).Grafik hubungan antara v terhadap t pada GLBB diperlambat.





Grafik hubungan antara s terhadap t pada GLBB diperlambat :

Rumus Persamaan GLBB diperlambat:












1.      Contoh Gerak Lurus  dalam Kehidupan Sehari-hari 

GLB
·            - Mobil melaju lurus dengan speedometer menunjuk angka yang tetap
·         - Pada ketinggian tertentu, gaya-gaya yang bekerja pada pesawat berada dalam keseimbangan. Pada saat itu pesawat bergerak lurus dengan kecepatan tetap dan kita di dalam pesawat merasa seolah-olah pesawat diam.
·       - Gerak jatuh penerjun. Penerjun terjun bebas tanpa membuka parasutnya. Secara pendekatan kita dapat mengabaikan hambatan angin yang bekerja pada penerjun, dan penerjun mengalami gerak lurus beraturan dipercepat. Saat penerjun membuka payungnya, pada ketinggian tertentu diatas tanah, gaya-gaya yang bekerja pada penerjun dan parasutnya mencapai keseimbangan, dan penerjun jatuh dengan kelajuan tetap.

GLBB
·         - Mobil dipercepat dengan menekan pedal gas. Jarak antara dua kedudukan mobil  dalam selang waktu yang sama berkurang secara tetap.
·         - Mobil yang diperlambat dengan menekan pedal rem. Jarak antara dua kedudukan mobil dalam selang waktu yang sama berkurang secara tetap.
·            - Gerak buah kelapa yang jatuh bebas dari tangkainya. Ini mirip dengan dengan gerak bola biliar yang dijatuhkan. Jarak antar adua kedudukan bola biliar yang berdekatan bertambah secara tetap.
·                  - Gerak anak kecil meluncur dari puncak seluncuran, yang mirip dengan gerak bola yang meluncur dari puncak bidang miring.
·             - Gerak batu yang dilempar vertical keatas. Pada saat batu naik kecepatan batu berkurang secara tetap (gerak lurus diperlambat beraturan), dan pada saat turun batu bergerak jatuh bebas (gerak lurus dipercepat beraturan)
·              - Gerak atlet terjun paying yang baru saja keluar dari pesawat terbang, mirip dengan gerak bola yang dijatuhkan lurus kebawah.




No comments:

Post a Comment